Jumat, 07 Januari 2011

572 Guru DEPAG SUMUT ikut PLPG


Warta
WAHYU HIDAYAT
WASPADA ONLINE


MEDAN – Sebanyak 572 orang guru dari Departemen Agama (Depag) di Sumatera Utara akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) di Universitas Negeri Medan (Unimed) dari tanggal 14-24 Desember 2009.

“Pelaksanaan PLPG untuk guru-guru dari Depag tersebut akan digelar selama pelatihan 90 jam atau bisa disebut 9 hari. Bila satu hari saja tidak mengikuti pelatihan maka dinyatakan tidak lulus,” ucap ketua divisi diklat PLPG Unimed, Berlin Sibarani, kepada Waspada Online, tadi sore.

Dijelaskan, bahwa guru dari Depag yang mengikuti PLPG ini, merupakan guru dari satuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 380 orang dan dari Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 192 orang.

PLPG kali ini, lanjut Berlin , hanya diselenggarakan bagi guru yang mengajar bidang studi saja. Sementara untuk guru bidang studi agama, Depag sendiri yang melaksanakannya, dan bagi pengawas sekolah dari Depag akan digelar pada 2010 mendatang, karena jumlah kuota yang begitu minim yang diterima untuk guru Depag.

Lokasi pelaksanaan PLPG di Unimed, “karena Unimed dalam keadaan libur, dan khusus untuk guru bidang studi agama, baik Islam, Kristen, Budha, dan Hindu pelatihannya langusng ditangani Depag Sumut.

“Mengapa tidak serentak, dikarenakan kita tidak memiliki pelatih khusus bidang studi agama serta ruang dan juga tenaga maupun administrasi tidak cukup,” jelasnya.

Berdasarkan rekapitulasi peserta PLPG Depag tahun 2009, masing-masing berasal dari 11 kabupaten/kota yakni dari Kabupaten Asahan sebanyak 24 orang, Deli Serdang 35 orang, Labuhanbatu 20 orang, Langkat 98 orang, Serdang Bedagai 60 orang, Simalungun 80 orang, Binjai 43 orang, Medan 155 orang, Pematangsiantar 9 orang, Tanjung Balai 27 orang dan Tebing Tinggi 21 orang.

Bagi yang tidak lulus, lanjut Berlin , dapat mengikuti PLPG gelombang selanjutnya. “Namun bila tidak lulus dan kemudian tidak melapor apalagi tidak datang ke panitia, maka hak nya dinyatakan gugur, dan tidak bisa mengikuti ujian susulan,” ungkapnya.

Berlin menghimbau, bagi guru-guru yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan PLPG untuk guru dari Depag ini dapat langsung mengakses di website resmi Unimed, yakni, www.unimed.ac.id atau dapat datang langsung ke sekretariat PLPG di Unimed. Senin (28/12) pengumuman bagi yang lulus PLPG sudah dapat di umumkan (Waspada Online)

Related Articles :


Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 komentar:

VIDEO

ENTER-TAB1-CONTENT-HERE

RECENT POSTS

ENTER-TAB2-CONTENT-HERE

POPULAR POSTS

ENTER-TAB3-CONTENT-HERE
 

(STAI) SAMORA PEMATANG SIANTAR POSKO KKN II HUTA JAMBI Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha